Kenali Rasa Duka Pada Hewan Peliharaan Yang Kehilangan Sahabatnya

Beranda / Artikel / Kenali Rasa Duka Pada Hewan Peliharaan Yang Kehilangan Sahabatnya

Hewan peliharaan, terutama anjing, merespons kehilangan dengan cara yang mirip seperti balita. Mereka mungkin tidak sepenuhnya memahami konsep kematian, tetapi mereka bisa merasakan dan mengenali rasa kehilangan. Jadi, Bagaimana kita tahu mereka sedang berduka? Menurut penelitian dari ASPCA (American Society for the Prevention of Cruelty to Animals), lebih dari 60% hewan peliharaan mengalami empat atau lebih perubahan tingkah laku setelah kehilangan sahabatnya

1. Berkurangnya Nafsu Makan.

Kehilangan mendalam dapat mempengaruhi kebiasaan makan hewan peliharaan loh, terutama jika yang berpulang adalah sosok “leader” yang biasa memulai waktu makan.

2. Perubahan pada Vokal.

Perhatikan penurunan dan peningkatan suara hewan peliharaanmu saat mereka sedang berduka. Beberapa hewan peliharaan, seperti Anjing dan kucing mungkin akan menggonggong atau mengeong lebih sering dari biasanya.

3. Perubahan pada Kebiasaan.

Sebanyak 30% anjing dan 20% kucing cenderung terlihat tidur lebih sering sedangkan beberapa lainnya lebih sering mondar-mandir, sembunyi, atau merajuk.

4. Perubahan pada Kepribadian.

60% pets terutama anjing & kucing akan lebih sering menempel pada pawrents-nya. Beberapa lainnya lebih suka menyendiri, minat bermainnya berkurang, atau cenderung menjadi lebih destruktif.

5. Perubahan pada Self-Grooming atau Potty.

Kebiasaan membersihkan diri hewan peliharaan akan cenderung berkurang, bahkan mereka tidak melakukannya sama sekali atau mereka cenderung untuk pipis/pup di sembarang tempat

6. Perilaku Mencari.

Sekitar 60%  hewan peliharaan akan mencari dan terus kembali ke tempat-tempat tertentu dimana mereka biasa melakukan aktivitas dengan sahabatnya yang telah berpulang.

Dengan memahami perubahan-perubahan tersebut dapat membantu kita memberikan dukungan yang tepat dan perhatian ekstra untuk hewan peliharaan kita ketika mereka mengalami masa berduka.